mengapa kita harus kreatif?

Mengapa kita harus kreatif??

Apabila kita telusuri arti kata dari “KREATIF“, pasti kebanyakan orang akan menjawab kreatif adalah unik, tak biasa, dan baru. Setidaknya itu sepenggal kata yang banyak saya dengar. lalu bagaimana sih kita berpikir kreatif? maka mereka pasti menjawab, kita harus berpikir “out of the box“.

Bagi saya, itu semua cuma kata-kata. karena sejujurnya saya masih belum bisa menemukan arti dari kreatif dan bagaimana caranya menjadi kreatif. Saya tidak tahu bagaimana berpikir out of the box seperti yang banyak diomongkan.  Pola pikir saya standart saja, untuk terus berpikir olah otak pun masih susah. Lalu kenapa kita harus kreatif?

Maka jawaban saya adalah…karena sudah menjadi tuntutan dan gaya hidup kita untuk menjadi seseorang yang kreatif. ya, saat ini seiring dengan perkembangan yang terjadi di sekitar kita, kita dituntut untuk menjadi kreatif. Hampir segala hal yang kita lakukan membutuhkan kreatifitas, dimana kita membiarkan pikiran kita terus berkembang untuk menemukan hal-hal baru. Kreatifitas menjadi hal vital di dunia penuh persaingan, terutama di dunia kerja. Dimana suatu kreatifitas bisa menyelamatkan nasib suatu perusahaan dari keruntuhan. Tetapi tidak bisa dipungkiri, menjadi kreatif juga menyenangkan. Menyadari kita bisa mewujudkan sesuatu yang baru dari yang selama ini cuma sekedar mimpi.

Jadi, kenapa kita harus kreatif? menurut saya, karena kita dituntut untuk kreatif, karena itu menyenangkan dan karena dengan menjadi kreatif, mimpi kita bisa terwujud.

Nah, menurut kamu siapakah orang yang paling kreatif yang kamu tau? Kenapa kamu mengatakan orang tersebut kreatif?

Thomas Alva Edison

Menurut saya, orang paling kreatif yang saya kenal itu Thomas Alva Edison. mengapa saya memilih Thomas alva Edison sebagai orang paling kreatif? Karena menurut saya dia selalu berusaha untuk berpikir out of the box, selalu memandang positif segala hal walaupun dia sering menngalami kegagalan, membuat mimpinya menjadi suatu kenyataan dan apa yang dibuatnya/diciptakannya itu sangat dibutuhkan oleh kita sekarang ini.

Penemuan pertama yang dia patenkan adalah electric vote recorder, namun karena tidak laku, Edison akhirnya beralih ke penemuan yang lebih komersial. Edison kemudian menemukan stock ticker atau mesin telegraf. Peralatan itu dijualnya dan laku 40.000 dollar Amerika serikat (Sekitar 390 juta rupiah). Edison hampir – hampir pingsan melihat uang sebanyak itu. Uang ini dipakai Edison untuk mendirikan pabrik di Newark dan merekrut 300 orang pekerja sekaligus, disini ia mengembangkan telegraf sehingga mampu mengirimkan 4 berita sekaligus.

Pada umur 29 tahun, Edison mendirikan laboratorium riset untuk industri di Menlo Park, New Jersey. dan dalam 13 bulan ia menemukan 400 macam penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia.

Tahun 1877 ia berkonsentrasi pada lampu pijar. Edison sadar bahwa betapa pentingnya sumber cahaya ini bagi manusia. Dia menghabiskan 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk eksperimen lampu pijar. Yang menjadi masalah adalah menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listriknamun tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam. Tahun 1882, untuk pertama kalinya dalam sejarah lampu-lampu listrik di pasang di jalan-jalan dan di rumah rumah

Sungguh patut direnungkan ketika saat keberhasilan dicapainya, dia sempat ditanya: Apa kunci kesuksesannya. Thomas Alfa Edison menjawab:  “Saya sukses, karena saya telah kehabisan apa ya yang disebut dengan kegagalan”.

Ketika dia telah banyak sekali mengalami kegagalan yang berulang-ulang. Bahkan saat dia ditanya apakah dia tidak bosan dengan kegagalannya, Thomas Alfa Edison menjawab: “Dengan Kegagalan Tersebut, Saya malah mengetahui ribuan cara agar lampu tidak menyala”.

Dapat kita lihat betapa rendah hati dan fenomenalnya seorang maestro sekaliber Thomas Alva Edison yang telah menciptakan lebih dari 400 macam penemuan yang sangat membantu dan mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang didunia.

Nah, itu adalah personal orang kreatif menurut saya, kalau perusahaan yang kreatif menurut saya? Kenapa saya memilih perusahaan itu??

Menurut saya perusahaan yang paling kreatif menurut saya iyalah:

iphone2 Apple corp ipod

APPLE. Tidak heran perusahaan Steve Job ini menjadi no 1, produknya yang booming IPOD menjadi salah satu parameter perusahaan ini sebagai perusahaan paling kreatif dan inovatif di dunia. APPLE tumbuh dari pengembangan produk baru yang kreatif dan inovatif , IPOD merupakan Oksigen bagi APPLE untuk tumbuh yang konsisten dan stabil. Tahun 2009 APPLE menjual sekitar 22.7 juta IPOD, Luaaar biasa. Menurut saya, IPOD adalah mp3/4 player yang sangat inovatif dan kreatif, terutama dalam hal navigasi menunya yaitu menggunakan thumb wheel, sedangkan mengenai desain keseluruhannya, simpel dan elegan. APPLE tidak berhenti di situ saja, IPOD dikembangkan menjadi berlayar sentuh dan berkoneksi WIFI, serta mempunyai beribu aplikasi/games, wow, sebuah mp3/4 player plus plus, sangat inovatif. IPOD Touch inilah yang menjadi cikal bakal produk inovatif APPLE berikutnya, yaitu IPHONE, yaitu IPOD TOUCH ditambahkan dengan kemampuan sebuah ponsel. Benar saja, IPHONE ini meledak di pasaran.

Tidak terbatas ke hand gadget, tapi produk-produk komputer yang dikeluarkan APPLE sangat inovatif dan kreatif yaitu MACBOOK dan MAC MINI, bayangkan sebuah layar monitor yang tidak perlu terhubung ke CPU karena CPUnya tertanam di layar itu sendiri. Oleh karena itu, produk-produk inovatif dari APPLE selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya dari masa ke masa, termasuk saya sendiri.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s